Tentang Nur Hidayah

Akademisi di bidang keperawatan dan kesehatan yang memiliki perhatian kepada isu-isu perdamaian. Memulai karirnya sebagai perawat setelah lulus dari Akademi Keperawatan Makassar di Sulawesi Selatan pada awal millenium ketiga. Melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di Universitas Hasanudin Makassar dan lulus pada 2004. Kemudian melanjutkan jenjang profesional keperawatan setahun kemudian di perguruan tinggi yang sama.

Meraih gelar magister kesehatan  di bidang administrasi rumah sakit pada 2007 dari almamater pendidikan sarjananya. Kemudian melanjutkan program doktoral dua tahun kemudian di Universitas Negeri Makassar di bidang administrasi publik dan mendapatkan gelar doktor pada 2013.

Kerap terlibat dalam kegiatan bertemakan perdamaian di tataran nasional dan internasional, termasuk: pelatihan, konferensi, seminar, dan gerakan kepemudaan. Beberapa di antaranya: Peace Education Training Heavenly Culture, World Peace, and restoration of light HWPL in Peace Education Curriculum Workshop di Korea Selatan pada 2018; Peacebuilding and Interreligious Dialogue (IRD) yang diselenggarakan oleh King Abdullah Bin Abdul Aziz International Center Intercultural and Interreligious Dialogue (KAICIID) di Austria pada 2016; Peace Education and Conflict Transformation dalam Peacebuilding Program di Mindanao Peacebuilding Institute (MPI) pada 2013 dan 2016; serta Sekolah Pengelolaan Keragaman (SPK) IV yang diselenggarakan oleh CRCS Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang bekerjasama dengan Ford Foundation pada Mei 2015.

Menggagas sekaligus mendirikan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas (YPMIC). Lembaga ini memfokuskan diri kepada isu-isu di bidang pembangunan sumber daya manusia untuk pekerja kesehatan serta penelitian dan pemberdayaan masyarakat melalui promosi isu-isu kesehatan.

Juga inisiator program toleransi dan spiritualitas berbasiskan kegiatan luar ruang berjuluk Sekolah Cerdas. CERDAS sendiri merupakan singkatan dari enam basis nilai program ini, yaitu: Caring, Empathy, Relation, Diversity, Awareness, dan Spirituality.

Sudah menelurkan beberapa buku terkait kesehatan dan perdamaian. Beberapa di antaranya: Menulis Skripsi, Tesis, dan disertasi 2019; Manajemen Keperawatan A to Z 2018;  Patient Safety pada 2017; Modul Pendidikan Karakter Berbasis Intercultural dan Interreligious Untuk Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan  dan Modul Pendidikan Kebangsaan Berbasis Intercultural dan Interreligious Untuk Perdamaian di Perguruan Tinggi pada 2016; serta Perawatan Holistik pada Anak dalam Perspektif Islam pada 2015; Manajemen Ruang Rawat nap 2013; Metode Penelitian Sosial 2012.

Saat ini, beraktivitas sebagai pengajar Manajemen Keperawatan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Juga aktif sebagai reviewer Jurnal bereputasi Nasional.